Kegiatan Rutin Bulanan P2K2 Kecamatan Krueng Barona Jaya


Penulis : Husnoul Khatimah (Pendamping PKH Kec. Krueng Barona Jaya)

Pendamping mengadakan kegiatan rutin bulanan yaitu Family Development Session atau Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga di desa Gla Deyah, Kecamatan Krueng Barona Jaya. Kegiatan ini dilakukan dengan menyampaikan materi berdasarkan modul yang telah ditetapkan. Adapun modul yang disampaikan berjudul Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Membangun Usaha.

Dalam modul ini terdapat 3 sesi. Pada kesempatan ini pendamping hanya menyampaikan materi sesi 1 yaitu mengelola keuangan keluarga. Tujuannya adalah untuk membantu KPM dalam mengatur pengeluaran agar seimbang dengan pendapatan. Pada sesi ini mencakup cara-cara seperti : menghitung rata-rata pendapatan dan pengeluaran bulanan, membuat anggaran bulanan berdasarkan prioritas pengeluaran, serta mengendalikan pengeluaran  sesuai anggaran tersebut.

KPM tampak bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka tidak hanya diberikan materi, tetapi juga di selingi dengan yel-yel dan permainan tertentu. Selain itu, pendamping membentuk beberapa kelompok dan memberikan tugas kepada mereka sesuai dengan materi yang disampaikan. Selanjutnya setiap kelompok diberikan kesempatan untuk memaparkan hasil/jawaban dari tugas yg diberikan secara bergiliran. Setelah semua kelompok mendapat giliran, selanjutnya prndamping menyimpulkan dan mencatat pesan-pesan penting dalam sesi hari ini untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat baik penuh keseruan disertai canda tawa bersama dengan ibu-ibu KPM. Selain mendapatkan materi, mereka juga dapat mempererat tali silaturrahmi antar sesama juga dengan pendamping. 




2 komentar: